HERO Group Fokuskan Investasi untuk Mengembangkan Guardian dan IKEA

Tangerang Selatan, 22 April 2024 – PT Hero Supermarket Tbk (“HERO Group”) hari ini mengumumkan bahwa telah masuk ke dalam kesepakatan dengan perusahaan ritel, PT Hero Retail Nusantara yang dipimpin oleh pengusaha, Ipung Kurnia, untuk mengakuisisi seluruh segmen bisnis makanan Hero Supermarket. Diperkirakan transisi ini akan selesai pada akhir Juni 2024.

Ipung Kurnia, yang memiliki rekam jejak kepemimpinan ritel yang luas dan sukses, serta diakui telah memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan dan transformasi lanskap ritel di Indonesia. Ipung Kurnia adalah putra almarhum M.S. Kurnia, pendiri Hero Supermarket pada tahun 1971. Beliau sangat familiar dengan bisnis Hero dan pernah menjabat sebagai Direktur di Hero Supermarket dari tahun 1989 hingga 1992, dan Direktur Utama PT Hero Supermarket dari tahun 1992 hingga 2008.

Perusahaan ini memiliki visi yang selaras dengan HERO Group dalam memberikan kualitas, layanan, dan nilai yang luar biasa kepada pelanggan. Di bawah kepemimpinan dari Ipung Kurnia, baik pelanggan, karyawan Hero Supermarket maupun mitra bisnis akan terus mendapatkan manfaat dari perubahan positif yang telah terjadi di Hero Supermarket dalam beberapa tahun terakhir, membentuk platform yang lebih menarik untuk pertumbuhan masa depan melalui pengetahuan pasar yang mendalam, investasi merek, dan kekuatan kompetitif.

HERO Group berterima kasih atas dedikasi dan komitmen dari seluruh karyawan Hero Supermarket, dan sangat yakin bahwa pengalaman dan dedikasi mereka akan memberikan dukungan yang kuat bagi Ipung Kurnia.

Hadrianus Wahyu Trikusumo, President Direktur, HERO Group mengatakan “Keputusan untuk mentransisikan bisnis Hero Supermarket bukan sebuah keputusan yang mudah, namun kami senang dan yakin dapat mentransisikan kepada seseorang yang sangat dihormati, sukses, dan memahami bisnis ini. Langkah ini memastikan kelangsungan dari karyawan Hero Supermarket di bawah kepemilikan baru. Ini merupakan hal yang positif bagi pelanggan dan karyawan Hero Supermarket yang akan terus mendorong pertumbuhan dan meningkatkan daya saing, layanan, dan nilai di pasar Indonesia. Kami memiliki keyakinan yang teguh dalam masa depan bisnis Hero Supermarket dan percaya bahwa ini merupakan langkah terbaik bagi semua pihak yang terlibat. Doa dan harapan terbaik kami mengiringi Bapak Ipung Kurnia dan karyawan Hero supermarket untuk babak baru yang menarik ini.”

Ipung Kurnia, Direktur, PT Hero Retail Nusantara mengatakan “Ini menandai bab baru dalam kehidupan saya dan Hero Retail Nusantara. Bagi saya, Hero Supermarket lebih dari sekadar bisnis; ini adalah warisan, bukti dari visi ayah saya, ketekunan, dan dedikasi serta semangat bersama setiap individu yang telah membangun bisnis ini. Di sini, kita bukan hanya karyawan; kita adalah keluarga yang bersatu. Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada HERO Group atas dukungan mereka yang teguh, dan telah menjadi kunci dalam membentuk pertumbuhan dan evolusi luar biasa Hero Supermarket hingga saat ini.”

HERO Group tetap sepenuhnya berkomitmen pada bisnis ritelnya di Indonesia, mempertajam fokus strategis pada bisnis kesehatan dan kecantikan yang berkembang pesat, dan akan terus memiliki dan mengoperasikan toko Guardian Health and Beauty secara penuh. Perusahaan memiliki rencana menarik dalam beberapa tahun mendatang – terus menyegarkan format toko Guardian dan secara signifikan memperluas jaringan toko. Kami juga antusias dengan prospek bisnis Furnitur Rumah, kami akan terus memperkuat proposisi furnitur rumah melalui IKEA dengan berbagai inisiatif untuk pelanggan kami.

Dalam beberapa bulan mendatang, kami juga akan mengumumkan transisi nama perusahaan dari PT Hero Supermarket Tbk ke nama perusahaan baru kami.

Hadrianus Wahyu Trikusumo melanjutkan, “Transisi ini akan memungkinkan kami untuk fokus pada optimasi dan pengembangan bisnis Guardian Health and Beauty dan IKEA Home Furnishing di Indonesia. Kami sangat bersemangat dengan peluang-peluang bagi Guardian dan IKEA yang terus berkembang pesat, didukung oleh ekspansi aksesibilitas, penyegaran format toko, dan peningkatan penawaran kepada pelanggan. Langkah ini akan memungkinkan kami untuk terus memperkuat dan memberikan keunggulan layanan serta menghadirkan produk berkualitas tinggi kepada pelanggan kami.”