HERO Group Reveals Shopping Trends During Ramadan

HERO Group Menyediakan Solusi Lengkap Kebutuhan Ramadan dan Lebaran untuk Konsumen Indonesia

Jakarta, 26 Maret 2024 – Tren belanja masyarakat terus mengalami perbaikan saat Ramadan hingga jelang lebaran, mulai dari mempersiapkan produk kesehatan dan kecantikan dalam menyambut Ramadan, pernak-pernik dekorasi rumah dengan nuansa lebaran dan produk perlengkapan untuk persiapan mudik, hingga persediaan bahan makanan pokok di mana 75% masyarakat muslim di Indonesia lebih memilih belanja bahan makanan saat Ramadan.[1]

Sebagai pelopor ritel modern di Indonesia sekaligus perusahaan yang terus tumbuh dan berinovasi untuk memenuhi kebutuhan serta pola konsumsi masyarakat, PT Hero Supermarket Tbk (HERO Group) melalui masing-masing unit bisnisnya yaitu Hero Supermarket, Guardian, dan IKEA menyediakan berbagai produk berkualitas untuk mendukung kebutuhan lengkap konsumen Indonesia selama bulan puasa hingga menjelang lebaran.

Head of Corporate and Consumer Affairs PT Hero Supermarket Tbk (HERO Group) – Diky Risbianto mengatakan,Menurut hasil survei Populix terbaru, sebagian besar masyarakat Indonesia telah menyiapkan anggaran belanja yang lebih tinggi jelang persiapan bulan Ramadan, di mana Indeks Nilai Belanja secara umum juga mengalami peningkatan.[2] Hal ini yang membuat HERO Group, sebagai perusahaan ritel, terus berkomitmen untuk berinovasi dalam memberikan layanan dan produk berkualitas untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Termasuk saat momentum Ramadan dan lebaran yang menjadi pendorong utama naiknya belanja masyarakat sehingga roda ekonomi berputar lebih kencang.”

Diky melanjutkan, “Kami memahami betapa pentingnya momen bulan Ramadan dan lebaran bagi masyarakat muslim di Indonesia sehingga kami ingin menjadi bagian dari persiapan mereka untuk merayakan momen ini. Melalui setiap unit bisnis kami, yaitu Hero Supermarket, Guardian, dan IKEA, kami berharap bisa memberikan solusi lengkap dengan beragam produk berkualitas untuk mendukung masyarakat Indonesia merayakan momen Ramadan dan Idulfitri.”

Head of Commercial Hero Supermarket – Dewi Mardiana mengatakan, “Hero Supermarket menawarkan beragam produk makanan dan minuman berkualitas untuk mendukung masyarakat menjalani ibadah puasa dan mempersiapkan lebaran. Kami menemukan data bahwa 42% masyarakat muslim Indonesia mencari makanan ready-to-cook untuk efisiensi saat menyiapkan sahur dan berbuka puasa, serta 53% lebih memilih berbelanja di supermarket dan diantaranya paling banyak berbelanja 1 minggu sebelum Ramadan.[1] Oleh karena itu, kami menyediakan corner khusus bulan Ramadan yaitu makanan dan minuman yang paling sering dikonsumsi selama bulan puasa seperti kurma dan makanan, minuman, hingga hidangan penutup kemasan yang mudah dikonsumsi untuk memudahkan para pelanggan.”

Lain halnya dengan Hero Supermarket, Guardian menyediakan rangkaian produk perawatan tubuh dan kecantikan terbaik untuk mendukung pelanggan tampil cantik dan sehat dalam menyambut momen lebaran.

Head of Marketing Guardian Indonesia – Malvin Tarigan menjelaskan “Momen Ramadan merupakan bulan yang sangat penting dan perlu dipersiapkan tidak hanya secara mental tetapi juga fisik yang baik karena akan menjalankan ibadah selama satu bulan penuh. Guardian sebagai retail terkemuka untuk produk kesehatan dan kecantikan menyediakan rangkaian produk-produk yang dibutuhkan selama ibadah puasa. Tetap tampil cantik dengan rangkaian produk skin care, kosmetik, personal care hingga produk kesehatan seperti suplemen dan multivitamin tersedia lengkap di Guardian. Hal ini untuk membantu pelanggan dalam memenuhi kebutuhan akan produk kesehatan dan kecantikan dalam satu tempat. Kami juga menyediakan rangkaian program sehingga berbelanja di Guardian semakin hemat dan berkesan menuju Hari Raya. Selain itu kemudahan berbelanja melalui lebih dari 340 toko Guardian atau melalui channel belanja online di marketplace Guardian Official.” Masih dalam momen Ramadan dan menjelang lebaran, pertimbangan mendekorasi atau merenovasi rumah biasanya muncul untuk mempersiapkan open house saat Lebaran. Untuk itu, IKEA menawarkan produk dekorasi rumah yang lucu dan unik menjelang lebaran, hingga berbagai produk untuk persiapan mudik.

Country Marketing Manager IKEA Indonesia – Irfansyah Kurnia Putra mengatakan, IKEA Indonesia turut mendukung masyarakat dalam menjalani bulan puasa dengan berbagai solusi praktis dan inovatif. Mulai dari peralatan dapur yang bisa memudahkan masyarakat mempersiapkan sahur dan buka puasa, solusi untuk meningkatkan kualitas tidur selama Ramadan dengan berbagai pilihan perlengkapan kasur dan kamar tidur, hingga dekorasi meja makan untuk suasana buka puasa dan lebaran yang berkesan bersama keluarga. Tidak hanya itu, untuk mempermudah persiapan mudik saat lebaran, melalui IKEA Ramadhan Shop, IKEA juga menawarkan produk-produk seperti peralatan makan lengkap, peralatan dapur, peralatan minum, wadah penyimpanan makanan hingga kantong vakum dan masih banyak lagi. Tidak hanya menawarkan produk berkualitas, IKEA juga senantiasa memberikan inspirasi, rekomendasi, serta tips dekorasi dan penataan rumah untuk menghidupkan rumah dan memudahkan pelanggan menjalani kegiatan sehari-hari dengan perlengkapan dan perabotan rumah tangga yang berkualitas dari IKEA.”

“Dengan rangkaian produk yang komprehensif dari HERO Group, kami berharap bisa memberikan solusi praktis dan nilai tambah yang signifikan dalam kehidupan konsumen kami. Dengan terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas produk kami, kami berharap dapat terus menjadi pilihan utama bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka dengan nyaman dan terpercaya,” tutup Diky.